Senin, 28 Maret 2011

Menyulap Pintu Menjadi Rak Sepatu

Sepatu dan sandal adalah dua benda sehari-hari yang acap merepotkan dalam penyimpanannya. Sepatu dan sendal yang tidak ditata dengan baik, akan menimbulkan kesan kotor dan berantakan pada sebuah hunian. Masalah penyimpanan sepatu dan sendal menjadi lebih merepotkan jika hunian yang kita tempati memiliki luas yang terbatas, seperti di rumah susun atau kamar kost. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Bagi kita yang tinggal di hunian terbatas, solusi utama masalah ini adalah dengan mengurangi "populasi" sepatu dan sendal yang ada di dalam rumah. Secara berkala, mungkin kita perlu menyortir sepatu dan sandal yang ada. Proses sortir harus mampu memisahkan sepatu yang (1) yang masih digunakan sehari-hari, (2) yang digunakan untuk keperluan khusus (pesta, gaun resmi), dan (3) yang sudah tidak akan/pernah digunakan lagi. Kelompok pertama akan menempati rak sepatu yang kita miliki, kelompok ke dua sebaiknya dimasukkan ke dalam kantung/kotak sepatu dan disimpan secara rapi di dalam lemari pakaian, sedangkan kelompok ke tiga dapat dipertimbangkan untuk diberikan kepada orang lain.

Solusi kedua yang dapat ditempuh adalah menegakkan disiplin dalam "menyimpan sepatu pada tempatnya" kepada seluruh anggota keluarga. Tanpa disiplin, sepatu/sandal lebih banyak berjejer di lantai dibanding berada didalam rak sepatu yang telah disediakan.

Solusi ketiga, memanfaatkan "ruang-ruang sisa" di dalam rumah sebagai tempat sepatu yang cantik (jika memang kebutuhan sepatu tidak dapat dikurangi lagi). Percaya atau tidak, salah satu "ruang sisa" yang dapat dimanfaatkan secara kreatif adalah daun Pintu anda, baik pintu kamar maupun pintu lemari. Syaratnya tentu pintu harus memiliki ruang yang cukup untuk menampung lebar sepatu ini. Perhatikan gambar untuk ide ini.

Rak sepatu dibuat dari besi holow bulat yang di-finishing menggunakan powder coating untuk menjamin daya tahan. Rak dapat dipasang dengan cara disekrupkan ke daun pintu tepat pada tulangannya agar menempel dengan kuat dan mampu menahan bobot sepatu yang akan diletakkan. Memang proses membuka dan menutup pintu menjadi perlu sedikit berhati-hati, namun, sepadan bukan dengan kemungkinan penghematan ruang yang dapat dilakukan.

Rak sepatu ini juga dapat dipasangkan langsung pada dinding, atau bagian tepi dari lemari. Nah, sekarang ada cukup tempat untuk sepatu-sepatu dan sandal-sandal anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar